11/12/2011
0

      kesuksesan jepang tidak terjadi begitu saja, tapi didasari oleh sifat dan sikap-sikap yang ada dibalik kehidupan mereka, rahasia apa saja yang melandasi kesuksesan jepang?
            tulisan saya ini bersumber dari buku yang bisa anda percaya, judulnya "RAHASIA SUKSES MEMBANGKITKAN ESQ POWER" yang merupakan karya ARY GINANJAR AGUSTIAN. dalam buku itu terdapat pembahasan mengenai kesuksesan orang jepang, dan sayang jika saya tidak membagi pengetahuan ini kepada anda semua melalui blog saya ini (RIE inspirasi).


berikut kutipan  yang saya ambil dari buku tersebut:

1. rahasia sukses jepang
          dalam dekade terakhir ini, produksi jepang meningkat dua kali lebih cepat daripada amerika, kenyataan ini tak dapat dipisahkan dari para pelaku bisnisnya. orang -orang yang memiliki andil besar di balik itu semua.,

   sebut saja Akio Morita, pendiri perusahaan raksasa SONY. ia amat menyukai olahraga Golf, selaligus penggemar musik beethoven. 

   suatu ketika Akio Morita berbiccara kepada anak buahnya, " saya membutuhkan alat kecil yang dilengkapi pengeras suara!", 

   ia hidup penuh kesederhanaan dan menjunjung  tinggi tradisi jepang kuni yang amat mementingkan tasa kekeluargaan. tepat jam 8 pagi ia telah berada dikantornya dan berseragam sama seperti anak buahnya.

   tak lama kemudian terciptalah Walkman, dan SONY tercatat sebagai pencipta Wolkman pertama di dunia.

     pada tahun 1974, Akio Morita mendirikan perusahaan SONY, kemudian pemunculan perdana tv berwarna serta Walkman, yang juga pertama kali didunia. sebuah trobosan yang mengguncang dunia barat, terutama dibidang usaha produksi barang-barang elektronik. Sony mengekspor 70% produk buatanya ke seluruh dunia. " pasar kami adalah penduduk dunia!". kata Akio Morita.

  SONY pun banyak mensponsori berbagai perlombaan matematika dan fisika, kebanyakan orang-orang jepang amat menyukai pada perlombaan matematika dan fisika, hal itu dimanfaatkan oleh sony untuk menciptakan energi sinergis, dengan menjaring sebanyak-banyaknya pecandu matematika dan fisika.
     
   sekarang mari kita amati karakter apakah yang dapat kita temukan lewat kisah sukses Akio Morita tadi?! bukankah sikap ini yang ada dibalik itu semua?

   1. kreatif, ia menciptakan Walkman.
   2. Teguh, ia memiliki semangat yang tak kenal lelah.
  3. kebersamaan, ia selalu mengenakan seragam yang sama seperti yang dikenakan karyawan dan anak    buahnya.
   4. berwawasan luas. ia memasarka produknya ke seluruh dunia
   5. mandiri, ia mendirikan perusahaan sony
   6. semangat belajar tinggi, banyak mengadakan perlombaan dan kejuaraan kusunya bidang matematika dan fisika

contoh lain adalah makoto kikuchi, direktur pusat penelitian Sony, adalah anak didik Akio Morita.  saat itu  mengakui bahwa dalam dunia komputer, "APPLE" amerika masih yang terbaik didunia," ungkapnya.
  
   dalam sebuah rumah berbentuk bujur sangkar yang terbuar dari kayu dan kertas serta amat sederhana. ia berlutut di atas tikar jepang ditemani sang istri. dengan kimono yang sederhana. ia begitu asik ngutak-atik komputernya. motto hidupnya adalah Research Makes The Difference, ini menggambarkan keseriusan dan betapa ambisinya sang makoto kikuchi. motto ini dutulis pada setiap truk-truk perusahaan, yang bertujuan untuk menambah semangat kerja serta ajakan kepada semua orang untuk terus berfikir maju. satu ambisinya yang belum terealisasi adalah membuat komputer yang dapat mengerti bahasa jepang. sehingga para pengguna komputer dijepang dapat bercakap-cakap dengan komputernya.

      setiap minggu pagi Makoto menyantap sarapan paginya bersama morita dan direktur marketingnya. dan sriap hari kerja, mereka selalu mengenakan seragam yang sama seperti 35.000karyawan lainya, yaitu seragam perusahaan sony. 


   cerita yang lain adalah cc Ceramics . perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan Microcips ini terbilang yang paling kuat didunia.omsetnya 499 juta US$ dengan keuntungan 12% setelah dipotong pajak. Kyotomemiliki tujuh buah perusahaan di amerika serikat. tiga lainya di jepang, seperti Soichiro Honda, Innamori sang pemimpin Kyoto Cramics, menganggap dirinya sebagai karyawan biasa. cara hidup keseharian mereka amatklah sederhana, mereka selalu memandang rendah kemewahan. " sesuatu barang harus ada fungsinya".

   lebih jauh lagi mari kita telusuri tentan Kyoto Ceramics ini, gamo, adalah nama salah satu pabriknya yag berjarak 50 kilometer dari kyoto. setiap pukul delapan pagi , diadakan sebuah rutinitas yang amat mencengangkan masyarakat awam kita. betapa tidak,  ini adalah fenomena yang unik dan jarang ada dibelahan dunia manapun. di GAmo, setiap paginya dalam sebuah aula yang sangat  besar seluruh karyawan dikumpulkan . dengan seragam biru mereka berdiri tegap layaknya prajurit. seorang lelaki melangkah ke tengah dan membacakanlaporan, kemudian menambahkan dengan beberapa pesan seperti :" tingkatkan produksi, mutu dan turunkan biaya..!".

   ia kemudian memanggil  liama orang lagi dan memberikanya hadiah karena telah menyumbangkan gagasan paling baik untuk perusahaan.

diperusahaan Cannon, masuk sekitar 146.242 buah  gagasan dalam setahun. apa kemudian hasilnya? alhasil, dengan gagasan-gagasan tersebut perusahaan dapat lebih menghemat lebih dari tujuh juta yen. sebulan sekali mereka berkumpul memberi laporan pekerjaan selama ini, serta bertukar pengalaman dan mutu pekerjaan mereka.

ada lagi cerita yang lebih memukau gendang tgelinga kita, bahwa dikaki gunung fuji, ada robot yang mampu membuat robot. " robo-robot" itu bekerja dengan rapi dan terprogram. beberapa manusia membaca lembaran kertas besar yang keluar dari terminal robot. grup-grup yang terdiri dari enam atau lima orang buruh pabrik, memeriksa hasil kerja para robot. setiap buruh diijinkan menghentikan

0 komentar:

Post a Comment