11/22/2011
0

Dia cantik dengan tawanya. Demikian aktor dan musisi Jack Lemmon mengomentari sosok marilyn Monroe, aktris legendaris Hollywood yang mengakhiri hidupnya pada tahun 1960-an. Hingga puluhan tahun setelah kematiannya, namanya terus diperbincangkan.

Harian Inggris The Mirror, menuliskan setidaknya ada 50 fakta tentang sosoknya yang tak banyak diketahui orang. Inilah 10 di antaranya:


1. Marilyn Monroe tampaknya memiliki banyak nama. Dia dibaptis dengan nama Norma Jeane Baker, tapi nama dia di akte kelahirannya adalah Norma Jeane Mortenson. Kemudian, ketika ia menikah dengan James Dougherty, ia menjadi Norma Jeane Dougherty. Ia tidak pernah mengubah namanya secara hukum sampai tahun 1956, meskipun ia sudah populer sejak 1946. Dan ketika ia menikah dengan penulis drama Arthur Miller, dia suka dipanggil Marilyn Monroe Miller.
2. Marilyn bukan siapa-siapa para awal tahun 1940-an. Tapi dia adalah seorang yang berdedikasi dan pekerja keras. Langkah pertama datang ketika ia diambil gambarnya oleh fotografer David Conover, yang mempublikasi gadis-gadis yang membantu upaya perang pada tahun 1944 - Marilyn bekerja di sebuah pabrik amunisi. Dan segera setelah itu, dia menjadi terkenal dan menjadi model.
3. Dalam publikasi selama ini, dia disebut-sebut membintangi 30 film. Faktanya, dia tak pernah menyelesaikan film yang ke-30, Something's Got to Give. Dia dipecat setelah gagal muncul untuk syuting musim panas, meskipun sutradara mempekerjakannya kembali beberapa hari sebelum kematiannya.
4. Tak pernah tahu siapa ayah kandungnya. Ayah Marilyn meninggalkan keluarga sebelum kelahirannya. Ada dua kemungkinan siapa ayah biologisnya, Edward Mortenson, yang bernama di akte kelahirannya, dan Stanley Gifford, yang bekerja dengan Gladys ibunya. Marilyn percaya bahwa Gifford adalah ayahnya.
5. Mempunyai riwayat depresi dalam keluarganya. Paman dan kakek buyut keduanya mati bunuh diri.
6. Paradoid pada keringat dan bintik-bintik di wajahnya. Ia mencuci wajah minimal 15 kali sehari.
7. Setelah menikah dengan Arthur Miller pada tahun 1956, FBI menduga bahwa Monroe adalah simpatisan komunis. Mereka mengajukan laporan 30 halaman tentang keterkaitan Marilyn dengan komunis.
8. Saat bernyanyi Happy Birthday untuk Presiden Kennedy di Madison Square Garden pada tanggal 19 Mei 1962, Marilyn mengenakan gaun tipis marquisette dengan 2.500 bebatuan kristal. Gaun indah begitu ketat dan...dia tak mengenakan apapun di baliknya!
9. Saat menjadi model pertama kali, hanya dibayar 5 dolar AS.
10. Marilyn menikah dengan suami keduanya, Joe DiMaggio, bintang bisbol, pada Januari 1954. Dia meminta Joe berjanji untuk meninggalkan bunga di atas kuburannya setiap minggu jika ia meninggal sebelum dia. Joe kemudian menepati janjinya.

sumber : yahoo

0 komentar:

Post a Comment