10/27/2011
0

               hal-hal apa sajakah yang dapat meningkatkan karir sehingga karir dapat melesat dan cemerlang..?, berikut cuplikan yang saya dapatkan dari sebuah sumber (radar lampung). 

hal hal yang dapat melesatkan karir yang cemerlang-rie inspirasi


1. Berani Tampil Beda

Berani tampil beda dan anggaplah orang yang berinteraksi dengan Anda semua spesial. Tampil beda di sini bukan dalam hal penampilan saja, tapi juga etos kerja Anda yaitu disiplin, tepat waktu, energik, dan supportive. Jadikan Anda sebagai sesuatu medan magnet di mana orang lain merasa nyaman dengan Anda. Dengan menganggap orang lain spesial, berarti memupuk jiwa Anda sebagai orang yang baik, bijaksana, dan penuh karisma. Pelajari apa yang bisa Anda jual dari diri, apa yang bisa membuat rekan kerja Anda enjoy, dan bos Anda senang.

2 . Menjadi yang Terdepan

Menjadi yang terdepan di mata atasan itu mudah sekali. Kuncinya, memiliki sikap penolong, supportive, dan solution maker. Contohnya, Anda tahu benar pekerjaan bawahan Anda dan Anda bisa mengerjakan pekerjaan atasan dengan baik. Artinya, jika bawahan Anda mengalami sakit/tidak masuk kerja, Anda tenang dan bisa menanganinya. Begitu pula jika atasan Anda berhalangan hadir, Anda bukannya jadi tumbal/sapi perahan, tapi gunakan waktu/momen ini sebagai tantangan Anda. Kerjakan pekerjaan itu dengan baik. Nah, someday kalau jabatan di atas Anda kosong, otomatis Anda akan menjadi the first priority untuk menduduki posisi itu. Bos Anda pasti melihat Anda dan percaya Anda siap untuk menggantikan.

3. Percaya Diri

Bekerja harus percaya diri. Rasa percaya diri akan kuat jika dibarengi dengan niat tulus dari hati dan doa yang sungguh-sungguh. Camkan dalam diri Anda, ’’Saya bisa!”.

4. Berpikir Positif, Terbuka, dan Adil

Di sekitar lingkungan kerja pasti ada medan magnet positif dan negatif, maka dari itu perbanyak saja pikiran positif di diri Anda. Percuma ngomongin hal negatif dan hati-hati biasanya banyak omong negatif malah bisa menjebak Anda. Ingat, rekan kerja Anda adalah seorang sahabat baik sekaligus kompetitor.

5. Berani Kalah

Siapkan sejak dini, zaman sekarang banyak sikut sana-sini. Kalau Anda tak siap kalah, Anda hanya bisa menggerutu, ngegosip, dan malah pekerjaan Anda jadi keteteran. Semangat kerja hilang gara-gara tak siap kalah serta tak rela kalau rekan Anda ternyata diangkat dan menang.

6. Jalin Hubungan yang Erat

Dalam lingkungan kerja, Anda harus bisa menjalin networking/hubungan erat antara bawahan, atasan, dan orang yang memiliki pengaruh terhadap karir Anda. Contohnya, dekatlah dengan bos, pelajari hobinya, sekali waktu Anda boleh bawakan oleh-oleh dari kampung, atau biasakan untuk mengambil simpati. Semakin banyak networking, Anda semakin dikenal dan populer.

7. Ide dan Gagasan

Perusahaan Anda pasti butuh dan memerlukan orang-orang yang memiliki ide atau gagasan bisnis. Jangan malu-malu untuk mengisi kota saran/masukan, siapa tahu ide Anda masuk ke pimpinan atas dan dipertimbangkan. Hal besar biasanya diawali dengan ide/gagasan yang simpel, jadi Anda gunakan celah ini untuk mendongkrak karir secara cepat.

8. Berani Bertanya

Kalau Anda punya backup, kenapa tidak sekali waktu Anda bertanya ke atasan. ’’Bos, kapan saya diangkat? Kapan gaji saya naik?” Memang kelihatan tak wajar, tapi ini perlu. Soalnya, Anda memiliki booster di dalam diri Anda. Gunakan itu!

9. Senjata Rahasia

Senjata rahasia ini tidak perlu Anda keluarkan. Senjata ini untuk membuat Anda nyaman bekerja dan bisa introspeksi diri dengan baik saja. Apakah itu? Adalah skill untuk bisa memiliki usaha/sumber penghasilan lain di luar gaji.

0 komentar:

Post a Comment