kalau kita lihat sekilas logo unilever seperti motifnya mirip dengan matik, namu jika di perhatikan dengan seksama, motif itu terdiri dari beberapa jenis gambar,
Logo Unilever didesain menggunakan elemen gambar kecil-kecil mewakili konsep ratusan brand produk Unilever. Keseluruhan gambar kecil-kecil itu membentuk huruf ‘U’.
Didesain oleh agensi Lowe LDB Sri Lanka tahun 2004. Lilamani Dias Benson, pemimpin Lowe LDB mengatakan, berdasarkan konsep vitality, logo tersebut sekaligus ingin menyimbolkan: ‘U’ can make a difference.
Mangkuk: masakan yang mengundang selera. Juga melambangkan makanan siap saji, minuman panas atau sup.
Cairan: berhubungan dengan air bersih dan kemurnian.
Hati: simbol cinta, perhatian/perawatan dan kesehatan.
Bibir: simbol dunia kecantikan, penampilan yang menarik dan citarasa.
Matahari: simbol utama dari vitalitas. Konsep dasar brand Unilever.
Tangan: simbol sensitivitas, pemeliharaan dan kebutuhan. Melambangkan kulit dan sentuhan.
Bunga: melambangkan wewangian.
Bumbu dan penyedap rasa: melambangkan rasa pedas atau kandungan makanan yang segar.
Wadah penyimpan: simbol packaging – botol krim diasosiasikan dengan perawatan tubuh.
Partikel: berhubungan dengan ilmu pengetahuan, gelembung, suara desisan.
Es krim: hiburan, kesenangan, kenikmatan.
Lebah: melambangkan penciptaan, penyerbukan, kerja keras, keragaman makhluk hidup.
Rambut: simbol kecantikan dan penampilan yang menarik.
Saus/selai: melambangkan pencampuran rasa, penambah rasa.
Ikan: makanan, laut atau air segar.
Pakaian: melambangkan cucian yang bersih dan penampilan yang menarik.
Teh: tumbuhan / sari tumbuh-tumbuhan seperti (contohnya) teh, juga menyimbolkan pertumbuhan, pertanian.
Kilauan: bersih, kesehatan, berkilau.
DNA: double helix, cetak biru kehidupan dan simbol ilmu alam, kunci hidup sehat.
Pohon jenis palem/kelapa: sumber alam, juga menyimbolkan taman firdaus.
Sendok: simbol nutrisi, citarasa dan memasak.
Ombak: menyimbolkan kebersihan, kesegaran dan tenaga.
Tanaman: simbol kesegaran, kristal salju: melambangkan pembekuan (pengawetan). Simbol perubahan bentuk.
Daur ulang: komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan.
Burung: simbol kebebasan, keluar dari rutinitas kerja.
Sumber: Buku ‘Mendesain Logo’ karya Surianto Rustan, S.Sn
0 komentar:
Post a Comment