9/05/2011
4
jika kita perhatikan kondisi negara kita saat ini amatlah mengenaskan, terutama tentang kemiskinan dan pengangguran. negara kita bukanlah negara yang kekurangan orang-orang berpendidikan.
setiap tahun jutaan mahasiswa di wisuda dari kampusnya sebagai tanta dia telah lulu dalam proses perkuliahan. akan tetapi kenapa kondisi yang sangat memprihatinkan ini meningkat setiap harinya.
kenapa bisa seperti ini?
kenapa banyak sekali sarjana yang telah lulus kuliah banyak sekali yang menjadi pengangguran, menjadi pecundang dan lebih parah lagi menjadi sampah masyarakat.

pendidikan di indonesia hanya mengajarkan bagaimana menjadi manusia pintar, tapi bukan mengajarkan bagaimana menjadi orang yang berguna.
kebanyakan mahasiswa hanya kuliah ..kuliah dan kuliah...selagi masih ada kiriman dari orang tuanya ia akan terus bersantai santai tanpa memikirkan apa yang harus ia kerjakan setelah selesai kuliah. pendidikan di indonesia tidak nengajarkan bagaimana menjadi mahasiswa yang mandiri, bagaimana dapat kuliah dengan memiliki penghasilan sendiri. 
itulah sebabnya saya bilang kuliah hanyalah pembodohan dunia pendidikan saja..dan kuliah hanya akan membuat generasi indonesia semakin bodoh.

4 komentar:

  1. wah.... liat dari ulasan ente, bener juga tuh sob....

    ane ja skarang kuliah, ga mkir pngen jdi ap stelah wisuda nnti... yg pnting nilai ga cacad, matkul ga da yg ngulang....

    hmm.... thanks banget buat sharingnya...

    jadi mulai mikir kedepannya mesti ngapain....

    ReplyDelete
  2. hehehe.. itu sekedar pengalaman dan pengamatan pribadi aja mas ryan.. thank's dah berkunjung

    ReplyDelete
  3. pendidikan di indonesia?, indonesia nya yg mana pendidikannya spt itu ?, kan gak semua bisa di generalisir,...
    yang kuliahnya spt itu mahasiswa mana dan kampus mana sob ?, bisa di listing gak ?, kirim ke ane ya di davit.kurniawan@gmail.com

    dan gak semua mahasiswa dapet kiriman sob, ente bisa kirim datanya gak ?, mahasiswa yg dapet kiriman dan yg gak dapet kiriman dari org tua ? ...

    ada data ril baru kita bisa vonis nih indonesia penidikan suram dan bikin bodoh ...

    sekarang ane tanya kalo you punya anak, kemudian anak you ditanya kalo dah besar mau jadi apa ? dia jawab mau jadi pilot, apa yg harus dilakukan oleh orang tuanya agar anaknya bisa jadi pilot ?, jalannya adalah disekolahin ... diarahin, bukan dikirimin duit bro...

    ah .... komen ente gak konkrit ...

    ReplyDelete
  4. mas davit yang terhormat ..terimakasih telah mengujungi.
    tulisan ini saya buat karena merasa geram dengan pendidikan indonesia serta peserta didiknya yang makin hari makin mengenaskan.

    buat mereka-mereka yang kuliah hanya menghabiskan uang orang tuanya sementara di kampus ia hanya bisa menyimpan wanita dalam kosanya.

    buat mereka yang mengkomersialisasi pendidikan dengan mencari untung sebanyak banyaknya dari kampus-kampus dan sekolah yang ia punyai.

    buat para guru dan dosen (pendidik) yang hanya mementingkan gaji dari pada kualitas mengajarnya.

    lalu apakah jika punya anak menjadi korban apakah rela.
    oleh karena itu, anda sebagai praktisi akademis (saya tau itu) adalah tonggak yang harus membuktikan bahwa omongan saya adalah salah.. dengan cara bantu meraka yang ingin menikmati pendidikan yang benar namun tak mampu karena komersialisai pendidikan, pendidik yang hanya mementingkan gaji.

    ReplyDelete