3/30/2013
0
numpang narsis dikit boleh kaannn.? :D
Saya bukan dosen jadi tidak perlu dipanggil pak. mungkin ada yang bertanya,loh kenapa ? 
pasti saya jawab, iya dong, saya bukan dosen kalian... hehe. jangan bingung diawalan artikel ini dong, nanti gak kebaca sampai habis.


agak risih setiap kali bertemu dengan mahasiswa ditempat kerjaku memanggil dengan sebutan "PAK". contohnya: mari PAK, siang PAK, pagi PAK, atau hanya sekedar PAK sambil senyum, tapi tak pernah ada si yang sampe "PAK..PAk..PAK tapi pake tangan" hehe. just kidding.

panggilan pak bagi saya adalah hal yang agak aneh didengar, mungkin dimata mereka saya adalah seorang dosen, karena saya mengajar mereka. atau yang memandang selain dosen karena dimatanya saya tidak layak disebut seorang dosen. tapi justru yang memandang saya tidaklah layak untuk dipandang atau disebut seorang dosen itu yang benar. 

DOSEN, adalah gurunya MAHASISWA, maha = paling, siswa = murid, artinya mahasiswa bukanlah seorang murid sekolah dasar lagi, bukan murid SMP atau SMA lagi, tapi mahasiswa adalah murid yang paling tinggi kedudukanya, sudah dewasa(, intelektual(harusnya), dan itu artinya dosen harusnya itu juga paling tinggi kedudukanya dibangingkan seorang guru di sekolah dasar, menengah dan atas. oleh karena itu seorang dosen juga haruslah menjadi seorang MAHAGURU, karena tingkat keguruanya lebih tinggi dari guru seorang murid.

(agak muter" ya bahasanya,.. pelan" aja yah mbacanya, biar nyambung.. :D)

- dosen itu harus bisa menjadi Guru, sementara saya belum bisa menjadi guru buat kalian karena saya masih harus banyak berguru.
- dosen itu harus bisa mengajar harus bisa mengajarkan ilmu, saya bukan mengajarkan kalian ilmu tapi mendampingi kalian belajar, karena saya masih harus banyak belajar.
- dosen itu harus bisa menjadi panutan, lah..?!! sementara saya apa yang mau kalian anut dari saya.?
- dosen itu harus berwawasan luas karena dosen harus membimbing mahasiswanya berkembang dengan wawasan yang dia miliki,. terus..? wawasan yang saya miliki ini apa, gak ada sama sekali.

dan masih banyak lagi kriteria yang harus ada jika mau menjadi seorang dosen. hal ini saya peroleh dari seorang yang benar-benar seorang dosen, namnya Pak Romi Satria Wahono yang mendirikan situs ilmukomputer.com. silahkan lihat website beliau disini : http://romisatriawahono.net 
(meskipun baru ketemu orangnya sekali doang si,..tapi darimana ilmu beliau didapet kalo cuma sekali doang mah, tenang artikel yang dia tuliskan disetiap websitnya penuh dengan ilmu dan pengetahuan.??)
naahhh... dari situlah saya mulai merasa risih ketika ada mahasiswa yang memanggil saya dengan sebutan PAK, karena itu berkesan bahwa saya adalah dosen mereka. karena dalam hati selalu menolak itu..danhati saya malu jika dianggap sebagai dosen.
(eh tapi gak tau juga deng... kalo ternyata yang panggil  PAK itu karena liat saya udah tuaan gitu..hadehhh semoga enggak lah).

saya lebih suka ketika temen-temen yang saya ajar dikelas menganggap bahwa saya bukanlah dosen mereka, tetapi kakak tingkat mereka yang belajarnya lebih dulu dari mereka, karena ketika saya mengajar dikelas bukan berarti saya bisa, tapi karena kebetulan belajarnya lebih dulu dan dipercaya oleh kampus yang tempat saya bekerja untuk mengasuh matakuliah tersebut. dan karena bagi saya belajar dikelas itu saya dengan mereka yang saya temenin belajar, itu sama-sama belajar.

karena bagi saya, mereka adalah teman-teman belajar yang sama-sama belajar, dan saya harap juga mereka menganggap seperti itu juga, karena dengan mereka menganggap bahwa saya adalah teman belajar, mereka tidak segan untuk bertanya, sharing, konsultasi atau sekedar curhat (kalo curhat gak gratis .hehe :P)

teruss..?? kalo manggil PAK itu kaya manggi dosen, terus kitorang panggilnya apa dong..?
(kata mahasiswa dipojok sana yang kerjaanya copy file dari temenya karena gak pernah ngerjain apa-apa)

hadehhh.. manggil aja kok dibuat ribet..!!

kalo kalian anggep saya tukang somay atau tukang bakso panggil aja "bang" juga boleh.. hehe.

jadi.. intinya apa ini..?? (tanya seorang mahasiswi yang duduk dipaling belakang dan susah nyambungnya).

hmm... intinya, saya bukan dosen dab belum pantas menjadi seorang dosen, jadi tidak perlu memanggil saya dengan sebutan PAK atau Bapak. gituuu..

ada lagi yang mau ditanyakan..? udahan dulu yaa.. dah ngantuk nih..wassalamualaikum. :*

eits.. buat yang sudah baca artike ini jangan lupa kunjungi juga ya website www.onesystem.web.id. (promotion mode:on).


(just for sharing, belajar melatih kemampuan menulis dan menghabiskan malam, dikamar kos yang sempit, gak ada ac, ... tapi full internet akses.. hehehe)

0 komentar:

Post a Comment